RRiHac's Blog
Monday, June 17, 2013

Tips Merawat Website Yang Baik dan Benar



       Hallo teman teman Rihac IT, kali ini saya akan memberikan Tips, yaitu Tips Merawat Website yang kita miliki, Tips Merawat pada kesempatan ini yaitu tentang Website, semoga Tips Merawat Website ini berguna bagi kita semua yah, langsung saja.
Ada beberapa tips sederhana yang bisa kita praktekan untuk merawat website, yaitu:

1. Update Content
Website yang tidak pernah diperbarui isinya sudah pasti akan membuat bosan pengunjungnya. Jadi kita perlu melakukan update content secara teratur.
Pengunjung bisa mendeteksi tanda-tanda kehidupan sebuah situs dari tanggal yang tertera pada halaman situs tersebut. Jika tanggal yang tertulis memiliki rentang yang sangat panjang dibandingkan hari ini maka hal tersebut akan menandakan bahwa website itu tidak terawat dan tidak pernah diperbarui.
Isi website dengan content yang bermanfaat bagi pengunjung seperti artikel, berita, agenda kegiatan atau yang lainnya. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan tanggal pada setiap tulisan agar pengunjung tahu kapan terakhir halaman tersebut diperbarui.
2. Backup Data
Tindakan yang tidak kalah pentingnya yaitu backup data. Langkah ini perlu kita lakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan pada web server. Apabila kita tidak melakukan backup secara teratur tentu semua data yang tersimpan di web server tersebut seketika akan hilang. Lain halnya jika kita memiliki backup data, kita bisa dengan mudah memulihkan data tersebut begitu web server selesai diperbaiki.
3. Monitor Statistik Website
Statistik website sangat penting untuk mengetahui perkembangan suatu website. Kita bisa tahu jumlah pengunjung, dari mana mereka berasal dan halaman apa saja yang menjadi favorit dari statistik tersebut. Kita bisa memanfaatkan layanan Google Analytic untuk mendapatkan data statistik tersebut.
Jangan lupa untuk selalu mengecek bandwidth yang dipakai setiap bulannya. Jika bandwidth tersebut hampir mencapai batas maksimum ada baiknya kita mempertimbangkan untuk menambah kuota bandwidth.
4. Ubah Tampilan Website
Agar terlihat fresh, kita bisa mengubah tampilan website. Tapi ingat, jangan terlalu sering mengubah tampilan, cukup satu atau dua tahun sekali saja kita melakukan perubahan.
5. Promosi Website
Untuk mencapai hasil yang maksimal kita perlu melakukan promosi secara teratur. Tujuannya agar pengunjung yang datang selalu meningkat dari waktu ke waktu.