RRiHac's Blog
Monday, October 05, 2015

Android Lollipop vs Android KitKat Apa Perbedaannya


Google telah resmi merilis sistem operasi Android versi terbaru yang memiliki nama Android 5.0 Lollipop, pada sistem operasi ini mengalami banyak perubahan dari versi Android sebelumnya. Perubahan yang paling mendasar dari Android 5.0 Lollipop terlihat dari tampilan antarmuka dan fitur-fitur baru telah ditambahkan. Lantas, seperti apa perbedaan Android Lollipop dengan Android KitKat?



Perbedaan utama Android Lollipop versus Android KitKat terletak dari segi tampilan, dimana pada Android Lollipop memiliki antarmuka lebih hidup dengan variasi warna lebih cerah. Berikut beberapa perbedaan Android 5.0 Lollipop dan Android 4.4 KitKat selengkapnya.





Antarmuka Holo vs Material Design
Tampilan antarmuka ini menjadi perbedaan utama kedua versi, antarmuka Holo pertama kali digunakan pada Android 3.0 dan tetap dipertahankan hingga versi 4.4 KitKat, warna latar hitam menjadi warna dominan pada versi KitKat. Sementara Android 5.0 Lollipop telah menggunakan antarmuka material design dengan penggunaan warna-warna cerah, super flat, dan memiliki animasi lebih halus.

Lockscreen (Kunci Layar)
Android Lollipop lebih diarahkan untuk kegiatan multitasking, pada kunci layar dapat langsung mengakses notifikasi tanpa harus menarik menu scroll down untuk melihat notifikasi yang masuk, pintasan dialer dan pintasan kamera juga ditambahkan pada lockscreen Android Lollipop. Sementara Android KitKat hanya memiliki pintasan kamera saja.

Setting (Menu Pengaturan)
Pada Android Kitkat seperti diketahui menggunakan warna latar hitam dengan kombinasi font warna putih, Sementara Android Lolipop menggunakan latar putih dengan jenis font Roboto berwarna abu-abu terang dengan ikon hijau, untuk penempatan switch Android Lollipop berada pada layer bawah, tujuannya untuk memudahkan mengakses switch pintasan pengaturan.

Sebagai Android versi terbaru dengan nama Lollipop tentunya memiliki rasa yang lebih manis, jadi dapat disimpulkan dari beberapa perubahan yang terjadi dari versi sebelumnya. Android Lollipop memiliki tampilan antarmuka lebih segar dengan warna-warna yang cerah dan akses lebih mudah dan dapat dioperasikan dengan nyaman.


Sumber : Tabloidaplikasi