RRiHac's Blog
Sunday, November 22, 2015

Web 2.0

Web 2.0 menggambarkan situs World Wide Web yang menekankan user-generated content, kegunaan, dan interoperabilitas. Istilah ini dipopulerkan oleh Tim O'Reilly dan Dale Dougherty pada O'Reilly Media Web 2.0 Conference pada akhir 2004, meskipun diciptakan oleh Darcy DiNucci pada tahun 1999. Meskipun Web 2.0 menunjukkan versi baru dari World Wide Web, tidak lihat pembaruan untuk setiap spesifikasi teknis, melainkan untuk perubahan kumulatif dalam halaman Web cara dibuat dan digunakan.

Sebuah situs Web 2.0 memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan satu sama lain dalam dialog media sosial sebagai pencipta konten yang dibuat pengguna di komunitas virtual, berbeda dengan situs web di mana orang-orang terbatas pada melihat pasif konten. Contoh Web 2.0 termasuk situs jejaring sosial, blog, wiki, folksonomi, situs berbagi video, layanan host, aplikasi web, dan mashup.

Apakah Web 2.0 adalah substansial berbeda dari teknologi Web sebelumnya telah ditentang oleh World Wide Web penemu Sir Tim Berners-Lee, yang menggambarkan istilah sebagai jargon. visi aslinya dari Web adalah "media kolaboratif, tempat di mana kita [bisa] semua bertemu dan membaca dan menulis " Di sisi lain, Semantic Web jangka (kadang-kadang disebut sebagai Web 3.0) [rujukan?] diciptakan oleh Tim Berners-Lee untuk web data. yang dapat diproses oleh mesin.

"Web 2.0" pertama kali digunakan pada bulan Januari 1999 oleh Darcy DiNucci, seorang konsultan pada desain informasi elektronik (arsitektur informasi). Dalam artikelnya, "Terfragmentasi Future", DiNucci menulis:

Web kita tahu sekarang, yang beban ke jendela browser di screenfuls dasarnya statis, hanya merupakan embrio dari Web yang akan datang. The glimmerings pertama Web 2.0 mulai muncul, dan kami baru memulai untuk melihat bagaimana embrio yang mungkin berkembang. Web akan dipahami bukan sebagai screenfuls teks dan grafis tetapi sebagai mekanisme transportasi, eter melalui interaktivitas yang terjadi. Ini akan  muncul di layar komputer Anda,  di TV Anda  dashboard mobil Anda ponsel Anda genggam mesin-mesin permainan bahkan mungkin oven microwave Anda.

Menulis ketika Palm Inc memperkenalkan asisten yang pertama Web-mampu personal digital, mendukung akses Web dengan WAP, DiNucci melihat Web "terpecah" ke masa depan yang melampaui kombinasi browser / PC itu diidentifikasi dengan. Dia berfokus pada bagaimana struktur informasi dasar dan mekanisme hyperlink diperkenalkan oleh HTTP akan digunakan oleh berbagai perangkat dan platform. Dengan demikian, penggunaan nya dari "2,0" penunjukan mengacu pada versi berikutnya dari Web yang tidak langsung berhubungan dengan penggunaan istilah saat ini. [Rujukan?]

Istilah Web 2.0 tidak muncul lagi sampai tahun 2002. penulis ini berfokus pada konsep saat ini terkait dengan istilah mana, seperti Scott Dietzen katakan, "Web menjadi universal, standar berbasis platform integrasi "