Dalam suatu drama, atau sebuah film, selalu ada tokoh utama dan pemeran pembantu. Selalu ada peran protagonis dan antagonis. Semua pemain memiliki bagiannya masing-masing agar drama atau film menjadi suatu yang padu. Drama yang indah akan terjadi saat semuanya memerankan perannya sesuai skenario.
Kali ini, saya masih dengan #managersmind akan mengulas sedikit tentang peran management, terkhusus pemeran utama sekaligus sutradara dari organisasi yaitu sang manajer. Mintzberg mengidentifikasikan 10 peran seorang manajer yang dikelompokan dalam 3 bagian besar. Saya akan membahas sedikit tentang materi ini pada postingan kali ini. Bagian yang saya maksudkan di atas adalah peran Interpersonal, Informational, dan Decision Roles.
Interpersonal, merupakan peran seorang manajer dalam hubungannya dengan karyawannya. Yang termasuk bagian ini adalah :
Figurehead, manajer sebagai panutan dan simbol suatu organisasi. Kegiatan manajer yang ada pada bagian ini adalah ketika seremonial, seperti seorang Presiden yang harus mengikuti upacara kemerdekaan sebagai simbol pemimpin dari negara yang merdeka.
Leader, manajer perlu memberikan arahan dan motivasi kepada bawahannya. Sebagai pemimpin, ini bisa dibilang sebagai tugas utama dan terutama dari seorang manajer, yaitu memberi arahan. Secara hubungan sosial, seorang manajer juga harus memotivasi agar bawahannya dapat bekerja dengan semangat.
Liaison, menjaga saluran komunikasi, baik di dalam maupun di luar organisasi.
Informational, merupakan peran seorang manajer yang berhubungan dengan informasi yang ada dalam organisasi. Informasi harus dipastikan kebenarannya, lalu disebarkan ke seluruh pihak yang membutuhkan informasi terkait. Yang termasuk bagian ini adalah :
Monitor, mencari dan menerima informasi dan melihat singkat laporan dari bawahan. Tugas ini berkaitan dengan tugas mengetahui secara menyeluruh kondisi di dalam organisasi. Seorang manajer harus mengetahui kondisi terkini dari organisasi yang dikelolanya.
Disseminator, meneruskan informasi yang manajer peroleh kepada anggota organisasi (internal).
Spokesperson (juru bicara), seorang manajer juga bertanggung jawab menyampaikan informasi ke pihak luar yang terkait.
Decisional roles, merupakan peran seorang manajer dalam mengambil keputusan bagi tercapainya tujuan organisasi. Yang termasuk dalam decisional roles adalah:
Entrepreneur, mewakili proyek perbaikan dan mengidentifikasikan ide.
Disturbance handler, mengambil tindakan korektif selama terjadi krisis, menyelesaikan konflik antar bawahan, beradaptasi dengan lingkungan.
Resource allocator, memutuskan siapa yang memperoleh sumber daya, menentukan jadwal dan anggaran, menetapkan prioritas.
Negotiator, mewakili departemen selama negosiasi kontrak kerja, penjualan, pembelian, dan anggaran.
10 peran yang dibagi dalam 3 kelompok itu merupakan peran yang harus dimainkan oleh manajer dalam suatu drama organisasi. Saat manajer tidak bisa memainkannya dengan baik, maka akan terjadi kekurangan dalam memenuhi tujuan organisasi.
Postingan ini saya ambil dari satu bagian bahan kuliah Analisis dan Perancangan Perusahaan. Jika ingin mengetahui lebih banyak bisa belajar dari browsing di internet tentang teori Mintzberg atau teori manajerial yang lain.